Street photography : Pertahankan hak anda

Untuk teman-teman yang memiliki hobi memotret di luar ruangan, ketahuilah bahwa anda memiliki hak untuk mengambil gambar apapun selama anda berada di ruang public, meskipun anda memfoto bangunan / property atau pribadi.

Masalahnya security sekarang dididik untuk mengusir para fotografer yang mengambil gambar gedung mereka. Ini adalah pengalaman saya mengambil gambar untuk menunjukkan perbedaan yang kontras antara warung bubur Sukabumi yang tradisional dan waralaba 7/11 dari Luar negri yang modern. Tak berapa lama kemudian satpam dari 7/11 datang,berikut ini adalah percakapan saya:

  • Satpam:  Selamat pagi Pak… Maaf Pak, Bapak dari mana ya..?
  • Me: Oh saya dari rumah tadi pak  mau makan bubur…
  • Satpam : maaf Pak, Bapak tidak boleh mengambil gambar disini
  • Me: Oh ya…? Kenapa ya pak..?
  • Satpam: Peraturan disini kalau Bapak mau foto harus minta ijin dulu ke manajemen
  • Me: Wah saya kan fotonya dari luar gedung ya, kalau saya foto di dalam gedung saya memang harus minta ijin, tapi ini saya diluar dan bukan punya 7/11. mungkin ini punya bubur suka bumi yang sepertinya tidak keberatan saya mengambil gambar.
  • Satpam: Tapi kan Bapak mengambil gedung ini, jadi bapak harus minta ijin
  • Me: Wah bapak baca dimana peraturan itu..? setahu saya kalau saya di tempat umum, boleh ngambil gambar apapun… misalnya saya disini (tempat umum), terus saya ambil gambar (tekan tombol), nah kalau Bapak berdiri disitu akan kena ambil juga, seperti ini (tunjukin foto)…
Foto Satpam yang terambil gambarnya

Foto Satpam 7/11 yang terambil gambarnya

  • Satpam: Maaf pak ini perintah manajemen… saya hanya melaksanakan perintah
  • Me: Oh kalau begitu biar yang menyuruh anda kemari, soalnya dia belum mengerti bahwa dia tidak berhak melarang orang melakukan aktivitas di tempat umum. Mohon maaf pak minggir sedikit kalau mau tidak masuk foto lagi…

Akhirnya Pak Satpam mengalah dan minggir dan sayapun mengambil beberapa foto lagi sambil menunggu pesanan bubur saya selesai dan mendapatkan gambar yang ini… ok lah ya..🙂

Bubur Sukabumi dan seven eleven

Dua Dunia

Tetapi saya penasaran tentunya di negara lain lebih parah karena pada paranoid tentang terorisme. Akhirnya saya menemukan video yang membahas hal yang sama.. intinya.. jangan takut ambil gambar selama anda berada di tempat umum, meskipun mereka memanggil polisi. Berikut ini videonya.. enjoy..

This entry was published on February 23, 2012 at 6:25 am. It’s filed under Reference and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

5 thoughts on “Street photography : Pertahankan hak anda

  1. Ah, menarik sekali bisa mendapat informasi ini. Terus terang, saya juga masih bingung masalah peraturan ‘public space’ di Indonesia. Pak Vidinur punya informasi resmi atau peraturan tertulis mengenai ini gak? Terima kasih sebelumnya🙂.

    *Sebentar lagi mau relokasi kembali ke Indonesia, jadi lagi menghimpun informasi soal peraturan menyangkut fotografi di ranah publik di Indonesia.

    • Sepertinya tidak tertulis Pak, tapi siapapun tidak bisa melarang kegiatan di tempat umum kecuali membahayakan atau mengganggu yang lain sesama pengguna tempat umum tersebut.

      Misalnya kalau kegiatan fotografi kita memblok jalan orang lain, maka kita memang bisa diusir oleh polisi, tetapi selama kita tidak mengganggu yang lain tidak masalah.

      • Sayang juga ya aturannya tidak tertulis. Kalau ada aturan tertulis yang jelas kan jadinya lebih nyaman :D…

        Makasih, Pak🙂

  2. jadi inget pengalaman di pasar kebayoran lama kapan hari… eh motret2 di pasar di deketin security. diminta ke pos segala untuk minta ijin. setelah dilarang saya dan debat dengan argumen anehnya security pasar😐 .. yah saya masukan kamera saya , ganti pake kamera HP🙂

  3. Sebenarnya kalau bapak bisa melandasinya dengan hukum/pasal2 yang berlaku mungkin lebih kuat ,,, apakah bapak tau ?

Leave a Reply

